SMA RINTISAN WARGA UGANG SAYU KALIMANTAN TENGAH

Upaya mencerdaskan Bangsa merupakan kewajiban bagi semua elemen, baik elemen yang terkandung di masyarakat maupun  pemerintah. Wajib Belajar 9 tahun yang sudah berjalan bertahun-tahun (berapa tahun ya tepatnya ?) sudah menampakan hasil yang positif. Ya….sampai ke pelosokpun kini anak-anak usia sekolah sudah bisa mengenyam pendidikan ‘yang layak’ berkat BOS yang mampu memberikan pelayanan dengan baik tentunya sesuai dengan Panduan Bos 2009.

Di Ugang Sayu, sebuah desa di Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah, terdapat sebuah Sekolah Menengah Pertama yaitu SMPN 2 Gunung Bintang Awai. Sekolah ini berdiri sebagai sekolah Negeri sejak tahun 1992 dan telah banyak ‘meluluskan’ siswanya. Saat ini, SMPN 2 G.B. Awai (begitu sering disingkat) memiliki 235 siswa. SMP ini satu-satunya sekolah menengah pertama untuk 6 desa di sekitarnya.

Terjadinya perubahan pola fikir masyarakat saat ini, 99% lulusan dari SMP ini melanjutkan ke Sekolah Menengah  Atas. Kebanyakan dari siswa yang melanjutkan pendidikannya ini memilih ke Kabupaten Barito Selatan yaitu ke Kota Buntok baik masuk SMA maupun SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas). Sebagian lagi, memilih untuk melanjutkan ke kota Ampah yang jaraknya tidak terlalu jauh yaitu kurang lebih 21 km. Sebagai pilihan, SMA Negeri 1 Dusun Tengah, SMK Pertanian Dusun Tengah dan Madrasah Aliyah Dusun Tengah. Persentase terbesar sekolah yang dipilih siswa adalah SMA Negeri 1 Dusun Tengah  Ampah  yang sudah diakui segudang prestasinya, dan saat ini sudah banyak siswanya yang Go Blog.

Kembali ke Ugang Sayu, mengingat minat siswa melanjutkan sekolah setelah SMP cukup tinggi, maka masyarakat Ugang Sayu yang didukung penuh oleh Guru-guru SMP N 2 Gunung Bintang Awai pada saat itu, mencetuskan mendirikan Sekolah Menengah Atas di Ugang Sayu dengan harapan siswa-siswa lulusan SMP tidak perlu jauh-jauh lagi melanjutkan pendidikannya.

Kantor

Saat ini, SMA di Ugang Sayu yang masih menginduk pada SMA Negeri 1 Buntok, sudah meluluskan siswanya beberapa angkatan. Memang jumlah siswanya sampai saat ini masih belum bisa dikatakan banyak. Mengapa ? Sekali lagi, pola fikir masyarakat desa saat ini sudah berubah. Masyarakat, dalam hal ini orang tua siswa sudah mampu melihat kualitas sebagai sebuah pertimbangan untuk pendidikan anaknya. SMA di Ugang Sayu dengan fasilitas yang masih belum bisa dikatakan memadai dengan 1 orang guru PNS yaitu Kepala Sekolah dan didukung oleh guru-guru honorer yang jumlahnya juga belum cukup, tidak jarang mengakibatkan Kegiatan Belajar Mengajar menjadi terhambat. Melihat kenyataan inilah, SMA di Ugang Sayu hingga saat ini masih belum menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Ugang Sayu dan sekitarnya. Pemerintah memang memberikan perhatian yang cukup besar dengan memberikan bantuan sarana prasarana khususnya bangunan gedung kelas dan gedung perpustakaan. Namun, tambahan guru PNS yang diharapkan dalam beberapa tahun terakhir ini tidak ada.

Ruang Perpustakaan dan Ruang Serba Guna

Sepertinya warga Ugang Sayu masih tetap harus berusaha keras membangun SMA-nya agar dapat menjadikan SMA di Ugang Sayu sebagai pilihan pertama bagi siswa untuk melanjutkan pendidikannya khususnya masyarakat Ugang Sayu dan sekitarnya. Teruskan perjuanganmu, jadilah pendekar pendidikan.

12 Tanggapan

  1. selamat pak , posisi malam ini langsung menduduki halaman petama gugel dengan keyword sma kalimantan tengah.

    @Sayangnya malam mati lampu, subuh sudah ada matahari, Bejo teratas.(apa hubungannya..)

  2. wah hebat pak..ini postingan yang saya tunggu-tunggu pak…
    membanggakan sekolahnya..walaupun bagaimana pun keadaannya…
    duh jadi termotivasi saya gara-gara pak yusman nih..eh salah pak busu..jadi ingin memposting sekolah juga…

    @Busu itu jalannya lambat maklumlah…Mas Bayu lebih semangat dengan nunjukkin realitas dalam postingannya. Semangat…semangat…

  3. Kalau aku di wariskan ilmu oleh mbah google.. Saya akan membuat blog bapak jadi nomor 1😀 salam kenal pak.. Dari anak SMAN 1 Dusun Tengah semoga suatu saat sman dayu akan menjadi sekolah terbaik di dayu….

    @ Koreksi….postingan ini Ugang Sayu lho….Bar-Sel, bukan Dayu….Bar-Tim. Kapan-kapan Kopi Darat ya…bareng Pendekar SMA.

  4. Semangat pak !! klo liat fotonya yg dikelas kok jd inget film laskar pelangi. . . Semoga guru dan muridnya mempunyai semangat seperti film Laskar Pelangi. . .

    @ Trims Pak….pengennya sih emang gitu. Selamat datang kembali dan sukses selalu.

  5. semoga rintisan sekolah di ugang sayu benar2 bisa terwujud, mas, sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal utk mencerdaskan anak2 di sana.

    @ Terima kasih Pak atas supportnya. Salam hangat dan sukses selalu.

  6. malam tadi dan pagi ini beda,hasil pagi ini saya post di http://www.smadutabartim.co.nr
    ukses pak, salam untuk BUsu

  7. […] malam tadi menjelang dinihari postingan Busu. sempat menduduki peringkat pertama. bagaimana nasib Pak Bayu apakah ditiup angin?Pak Budi, Pak […]

  8. Kalau begitu berarti saya salah tulis dong.. Terimakasih dan mohon maaf😀

  9. waaah… Q mantan Skolah di Sini looo…

  10. […] Terakhir madimuktiyono on NICE BLOGGER BUATKU ?muhammad Yusuf on SMA RINTISAN WARGA UGANG SAYU …om_rame on BERBAHASA INDONESIA DENGAN BAI…Arif R. on BERBAHASA INDONESIA DENGAN […]

  11. Sekolah yang perlu perhatian ni Bu..???

  12. Salam Kenal, Salam Hormat, Salam jumpa, mohon diinformasikan kepada siswanya ada Lomba MAding se-Kalteng, pendaftaran gratis berhadiah Gadget diadakan oleh Dinas Pendidikan Prov Kalimantan Tengah, info lengkap ada http://kalteng.siap.web.id/info-dinas/info-agenda/form-pendaftaran-mading/ daftar mulai 18-3-2013 sampai 29-3-2013, Aksesnya mulai pk 12.00 siang ini.
    Terima Kasih, Dankee, Mercy Boucoup, Kamsiah, kamsahamnida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: