HASIL TES PAGI HARI

Selamat pagi, Pak…..Selamat pagi Bu…..

Kalimat itu sering diucapkan Busu ketika masih sekolah di SD, SMP, dan SMA (berarti S-3 ya..?) yang diucapkan secara serentak bersama-sama teman-teman satu kelas. Ya, masa-masa yang penuh dengan ceria dan cerita. Baik cerita manis, pahit, lucu dan kadang cerita uncategorized.

Ketika sekolah di SD , kalau ditanyakan kepada Busu pelajaran apa yang disukai ? Busu sering menjawab “MATEMATIKA”. Jawaban ini adalah jawaban kontroversial bagi teman-teman Busu, karena mereka menganggap pelajaran Matematika adalah pelajaran yang memusingkan, membosankan, mem….dan mem… yang lainnya. Namun bagi Busu, matematika memiliki sebuah petualangan yang penuh dengan tantangan melebihi outbond. Masa sih..? Ya… karena Busu belum pernah outbond sedang sensasi petualangan yang didapatkan ketika mengerjakan soal-soal apalagi soal yang memiliki tingkat kesulitan lumayan hingga tinggi, dan pada akhirnya Busu dapat menyelesaikannya. Saat itulah, kebahagiaan luar biasa didapatkan melebihi bahagianya saat diberi hadiah permen yang dibagi dua dengan Bejo. (Apa kabar Jo..?)

Sangatlah bertolak belakang dengan cerita Busu di atas, cerita teman Busu yang Guru SMP, memiliki Sertifikat Pendidikan Matematika dan menerima Tunjangan Sertifikasi yang bekerja sebagai tenaga pendidik di sebuah SMP (berarti S-2 ya..?) Bagaimana ceritanya ?

Ketika teman Busu memberikan 5 buah soal hitungan kepada siswa kelas 9 beberapa hari yang lalu, pastinya kelas 9 ini yang akan menghadapi Ujian Nasional pada tanggal 29 Maret 2010 hingga 31 Maret 2010 itu, menurut teman Busu, para siswanya memberikan ‘hadiah’ kekecewaan kepadanya. Bagaimana tidak ? Soal yang diberikan itu adalah soal hitungan yang mulai diajarkan di kelas 4 SD (S-1 lho…) ternyata hasil tes itu sangat jelek. Karena Busu tertarik dengan cerita teman, maka Busu meminta soal-soal itu dan ternyata soalnya seperti ini:

1. 1/2 + 2/3 + 3/4 = …….

2.  1 2/3 + 2 3/5 – 3 1/4  = ……..

3.  (-2) –  1/6  +  4 2/3  –  4/5  = …..

4.  3 4/5  X  2 6/7  = …

5.  12/13  :  9/7  = …

(Maaf, aslinya soal ini dalam bentuk pilihan ganda)

Persis,jelas,  soal-soal ini soal mudah bagi Busu disaat masih SMP kelas 1 (jaman dulu kan belum ada kelas 7). Pantaslah kalau teman Busu merasa kecewa ketika melihat hasil tes 68 siswa itu sebagai berikut :

A. Siswa menjawab benar :

1. Soal nomor 1 : 21 siswa, berarti 30,8 %

2. Soal nomor 2 : 16 siswa, berarti 23,5 %

3. Soal nomor 3 : 18 siswa, berarti 26,4 %

4. Soal nomor 4 : 52  siswa, berarti 76,4 %

5. Soal nomor 5 : 27  siswa, berarti 39,7 %

B. Skor yang didapat siswa (skor 1 setiap soal)

1. Skor 0 : 4 siswa, tidak ada jawaban yang benar.

2. Skor 1 : 21 siswa, hanya satu jawaban benar.

3. Skor 2 : 23 siswa, jawaban benar 2.

4. Skor 3 : 13 siswa, jawaban benar 3.

5. Skor 4 : 7 siswa, jawaban benar 4.

6. Skor 5 : 0 siswa (tidak ada)

Sehingga rata-rata skor adalah : 1,97.

Waduh…. Busu jadi ikut geleng-geleng. Bagaimana tidak ?

Dengan waktu yang sudah sangat dekat dengan UN, ternyata siswa masih sempat “guyoni” gurunya dengan hasil tes pagi hari yang sangat jelek. Siang nanti, terpaksa teman Busu memberikan materi “khusus” yang sebenarnya sudah tidak terdapat dalam kurikulum KTSP SMP. Ya….Busu cuma sarankan kepada temannya, SABAR MAS…., MUDAH-MUDAHAN SISWA-SISWI MAS BISA LULUS UN SEMUA WALAUPUN TERNYATA HARUS IKUT UN ‘ULANGAN’ YANG DISEDIAKAN PADA TAHUN INI.

Sukses….untuk para Guru, khususnya teman Busu di cerita ini.

19 Tanggapan

  1. semangat pak…maaf jarang berkunjung ke blog bapak…
    wah wah biasanya kalau latihannya jelek pasti nanti UN benerannya nilainya pada baik semua pak…amin…

  2. siswanya memang lagi ngajak bapak bercanda tuh pak..heee

    ys:> emang siswa teman saya itu lg guyoni gurunya, biar gurunya deg-deg-an gitu, sukses Mas Bayu dot com-nya.

  3. ah… yang namanya ujicoba, tryout, praUN..pasti siswa kita pura-pura…buktinya…? nanti lulus semua. soal yang dibuat guru lebih susah….
    lantas Pak sastro akan bertanya …”lha priye praUNe?”

    aku mau bikin tulisan judulnya UNforgetable dan what about the ship?, kira-kira ngerti ya arahnya

    ys:> kira-kira nulisnya bareng Pak Sastro gak ya…. kami tunggu dimana Pak tulisan ini, wordpress ato info-nya ?
    Sukses selalu.

  4. wah…. muridnya ngajak guyon iku pak……hehehhehe………….
    bi sa saja ……

  5. SD-SMP-SMA….S3??? wah berarti aku sudah s3 donk??? hehehehhe……

    Semoga aku bisa lulus tanpa mengikuti ujian ulangan.
    Lulus di ujian yang sebenarnya maksudnya…
    minta doanya ya……

    YS:> dengan ikhlas, kami do’akan semoga lulus UN dengan nilai baik, Amin.

  6. kunjungan balasanm nih pak, thanks udah mampir ke blog ku, masih saudara kita pak, orang babel🙂

    ys:> senang dapet kunjungan dari saudara,jangan kapok lho mampir ke blog yang sederhana blognya orang yang ingin selalu belajar. Salam sukses selalu.

  7. Hihiihihih,….. sebentar lagi mau UN ya,…. semoga murid2nya lulus semua ya Pak,… ga ada yg ikut tes ulangan,…. apa masih berlaku ketidaklulusan ya pak?

    ys:> aduh….terimakasih banget doanya Pak….nanti saya sampaikan pada teman yang Guru itu. Kayaknya sih….gitu deh. Salam hangat selalu.

  8. semoga terkabul doanya bos

    ys:> Amin

  9. Salam super –
    Salam hangat dari Pulau Bali –
    do’a adalah senjata…
    semoga berhasil…

    ys:> terimakasih do’anya, salam sukses selalu.

  10. matematika termasuk mata pelajaran yang tdak saya sukai juga, mas yussa, hehe … entah, ketimbang diminta menyelesaikan soal2 pecahan, mungkin termasuk yang gampang sekalipun, lebih baik saya diminta ngopi hangat saja, keke …

    ys:> Terima kasih Pak berkenan mampir untuk ngopi bareng…sukses selalu.

  11. meski demikian, menjelang UN, anak2 jangan ada yang meniru saya, hehe …. semoga sukses UN-nya, baik sukses penyelenggaraan maupun hasilnya. ktetep semangat!

  12. Ya ya ya … ada juga tu blog Al Jupri …
    ys:> terimakasih Pak sudah berkenan mampir di blog yang sederhana ini.

  13. Benar-benar perjuangan sangat berat untuk menghadapi UN. Anak-anak harus dipersiapkan agar bisa lulus dalam ujian nanti.

  14. wah..wah….tambah maju aja blog pak busu ….
    selamat pak yah… wah bikin saja jadi semangat juga nih….salam…pak busu.

  15. sukses selalu buat busu,…

  16. Semoga aja pada saat UN nanti jawabannya benar semua ya pak he, memang siswa harus banyak belajar lagi dalam menghadapi UN yang akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan, semoga sukses pak, salam kenal

    ys:> salam kenal balik.

  17. harus berusaha keras memang untuk lolos dari UN…tapi tak ada yang tak mungkin..semoga suskse….

    salam hangat..

  18. mohon maaf tidak banyak komentar, hanya numpang absen saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: