IMBAS TEKNOLOGI

Peserta Pengimbasan ICT SMP Se- Gunung Bintang Awai

Tanggal 17 Februari 2010, di SMPNN 2 Gunung Bintang Awai dilaksanakan Pengimbasan ICT untuk SMP se kecamatan Gunung Bintang Awai, pertemuan kedua setelah pertemuan pertama dilaksanakan seminggu sebelumnya. Pertemuan sehari ini seharusnya diikuti oleh 5 SMP dan 1 MTs, namun satu SMP tidak bisa mengirimkan peserta dikarenakan keterbatasan guru di sekolah tersebut. Pertemuan yang direncanakan dilaksanakan 3 (tiga) kali ini, diharapkan tiap sekolah mengirimkan 5 peserta ditambah 1 kepala sekolah.

Pengimbasan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Penataran Guru tentang ICT bulan lalu yang dilaksanakan LPMP Kalimantan Tengah dan dari Kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 5 orang guru sebagai peserta yang pada gilirannya guru-guru inilah sebagai pengimbas ilmu yang telah diterima saat mengikuti pelatihan itu.

Peserta Favorit

Dalam tiga kali pertemuan yang direncanakan, materi yang diberikan yaitu : Pengenalan Komputer, MS Words, EXEL, Power Point, dan Pengenalan Internet. Setiap pertemuan dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Pada pertemuan kedua ini,  salah satu pemateri mengatakan bahwa Kegiatan ini sebenarnya belumlah bisa dikatakan ‘memberikan keterampilan’ kepada para guru, namun hanyalah memberikan motivasi dan pengenalan kepada para guru akan komputer untuk dapat dimanfaatkan sebagai sebuah Media Pembelajaran nantinya. Pernyataan ini bukanlah tidak beralasan. Materi yang padat itu hanya diberikan dalam waktu singkat. Sementara dari sekian peserta hanya dua atau tiga orang saja yang sudah mengenal komputer dan malah banyak dari peserta itu baru pertama kali berhadapan dengan komputer. Kedalaman materi-pun belumlah memadai, terlebih laptop yang ada hanya satu tiap meja yang diisi oleh rata-rata 4 (empat) orang guru.

Terlepas dari segala kekurangan, dari dua kali kegiatan yang telah terlaksana mendapat sambutan positif dari para peserta dan peran aktif para peserta nampak sampai kegiatan berakhir.

Tulisan terkait :

Mentari Mulai Bersinar

27 Tanggapan

  1. sudah saatnya guru-guru memanfaatkan IT untuk kegiatan belajar mengajar

    ys:> baru menyerempet Mas, kami baru mau akan…

  2. saya rasa dasar komputer wajib dimiliki oleh semua profesi di masa sekarang ini

    ys:> bener Mbak…setuju banget

  3. Yap betul sekali, karena dimasa dpan IT sangatlah diperlukan.
    Kunjung balik nich. Ditunggu kunjung baliknya lagi!

    ys:> jangan sampai ketinggalan kereta, betul…

  4. Setidaknya ada usaha untuk memotivasi para guru agar lebih memahami tentang teknologi, khususnya tentang komputer dan internet.

    ys:> pancingan gitu ya Bu..

  5. zaman sekarang definisi butahuruf bagi guru bukan tidak bisa baca tulis, tapi tidak bisa memanfaatkan komputer sebagai kelengkapan dalam mengajar dan meningkatkan kompetensi diri.
    smp ini telah menjadi pelopor dalam pemberantasan buta huruf, walaupun topiknya masih berjudul menjinakkan mouse

    ys:> betul pak…sempat nemukan ‘mouse getar’

  6. wah ada acara nggak bawa-bawa, nggak undang-undang …. heeeeee

  7. tambah hebat sekolahnya pak… pasti itu semua berkat ada pak yusa di sana heeee……

  8. selamat hari sabtu dan selamat berakhir pekan… SUKSES SELALU UNTUK MAS SEKELUARGA …….
    SALAM HANGAT DARI BAYU DI KALIMANTAN TENGAH…

    ys:> sama-sama Mas…gak ikut perkemahan ?

  9. jadi pengen ikut
    masih gaptek nih diriku

    ys:> aduh..jadi malu diriku Mas….

  10. jaman sekarang ini kita mau tidak mau memang harus mengikuti perkembangan teeknologi yang rasanya sulit dikejar, jika memang tidak dibarengi dengan keegiatan2 seperti ini maka kit akan tertinggal jauh..

    goog post

    salam kenal..

  11. menarik sekali kegiatannya., Semoga kelak seluruh guru sudah bisa memanfaatkan komputer sebagai salah satu sarana belajar dan mengajar🙂
    Trims.
    Salam hangat selalu🙂
    ys:> maunya pemerintah seperti itu kayaknya..

  12. Wah…mudah2’an aja ntar guru2 jadi lebih terampil dan lebih paham akan teknologi…🙂

  13. Kayaknya teknologi udah jadi barang kebutuhan yaa.. Semoga para guru jadi lebih maju dan ikut serta merasakan manfaat dari teknologi..
    Salam hangat dan damai selalu..

  14. Assalaamu’alaikum

    Satu usaha yang amat baik bagi membangun keaktifan para guru dengan dunia teknologi yang menjadi satu keperluan bagi meningkatkan upaya mampu guru dalam pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran mereka. Hal ini menjadikan pendidikan akan semakin berkesan.

    Semoga berjaya menjadi guru serba boleh dan mahir ICT.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak, MALAYSIA.

    ys:> Terima kasih Bunda sudah berkenan mampir di Blog-ku yang sederhana ini, dan salam hangat sukses selalu.

  15. Moga saja daerah lainpun memiliki program seperti di daerah,Bapak.
    Sudah saatnya komputer dan internet menjadi kebutuhan di setiap sekolah.
    Salam hangat selalu,Pak.

  16. Assalamu’alaikum, jaman sekarang menuntut semua profefesi harus bisa menggunakan komputer dan internet, kita harus mengikuti kemajuan jaman kalau tidak maka kita akan tertinggal. (Dewi Yana)

  17. wah semangat bapak ibu guru
    awalnya memang difikir rada susah, kalo sudah terbiasa justru memudahkan untuk pengajaran.
    semangat semangat…!!!!!!!!!

  18. Selamat dan sukses dengan acaranya

  19. meski belum berimbas ke tahap aplikasi, pengenalan dunia ICT memang sudah saatnya dikenal dan diakrabi oleh rekan2 sejawat, mas yussa. selamat menikmati aplikasi dunia ICT yang indpiratif dan mencerahkan.

  20. selamat siang Mas😀
    Datang lagi berkunjung setelah beberapa peredaran menghilang, nyari penyegaran

    Ijin buat nancepin komeng lagi dari Lereng Muria😉

  21. wew. IT memnk sangat penting.. apalagi buat pendidikan..😀
    semalat dan sukses dgn acaranya..

    semangat dan terus berkarya..😛

  22. selamat hari senin, hari baru dan semangat baru pak….

  23. jujur saya iri dengan acara ini, kenapa justru di tempatku tak ada pelatihan semacam ini

    ys:> mungkin sudah melek iptek semua Pak, sukses selalu.

  24. Salam kenal, pak🙂
    Senang rasanya melihat para guru terus belajar IT utk kemajuan PBM dan kualitas pendidikan yg lebih baik.
    never old to learn

    ys:> salam kenal balik Bu

  25. sugeng dalu…

    kan kemaren sudah diajari,,
    ayo ayo d update lag blognya🙂

  26. Wah hebat, para guru sudah mulai belajar ngetik!!

  27. di jaman teknologi kaya gini bidang IT minimal komputer sudah wajib bisa. biar tidak tergilas roda jaman hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: