GEMUK YANG IDEAL ?

Aku tersentak saat bangun tidur tadi pagi, karena badan ini terasa begitu berat. Mengapa bisa begini ? O….walah..rupanya aku tadi lagi mimpi kalau perutku sudah segede gentong jadi susah sekali untuk bangun. Waduh.. kalau ini betul terjadi bakalan nggak seksi lagi nih.

Iseng-iseng mending aku browsing kemana-mana buat cari info tentang gemuk dan sedikit hal terkait. Ya..buat laporan dan masukan untuk Bapaknya anak-anak yang saat ini mulai terlihat lebih gemuk dari biasanya.

1. Penyebab Kegemukan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan, di antaranya adalah :

a. Faktor makan yang melebihi kebutuhan tubuh
Pertama bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang berlebih, lalu bisa juga disebabkan cara memilih makanan yang salah kurang tepat. Bisa juga sebab menggoreng dan memasak dengan santan. Dan terbiasa ngemil.

b. Kurang menggunakan energi.
Pekerjaan yang dilakukan sehari-hari dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang. Gaya hidup yang kurang menggunakan aktifitas fisik akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh seseorang. Aktifitas fisik tersebut diperlukan untuk membakar kalori dalam tubuh. Bila pemasukan kalori berlebihan dan tidak diimbangi dengan aktifitas fisik maka seseorang akan menjadi gemuk.

c. Faktor keturunan.
Faktor keturunan dapat mempengaruhi terjadinya kegemukan. Pengaruhnya sendiri sebenarnya belum jelas, tetapi memang ada bukti yang mendukung fakta bahwa keturunan merupakan faktor penguat terjadinya kegemukan. Dari hasil penelitian gizi di Amerika Serikat, dilaporkan bahwa anak-anak dari orang tua normal mempunyai 10% peluang menjadi gemuk. Peluang itu akan bertambah menjadi 40-50% bila salah satu orang tua menderita obesitas, dan akan meningkat menjadi 70-80% bila kedua orang tua menderita obesitas. Oleh karena itu, bayi yang lahir dari orang tua yang obesitas akan mempunyai kecenderungan menjadi gemuk. Gemuk di saat bayi atau anak-anak mempunyai kemungkinan sulit menjadi kurus pada waktu dewasa, disebabkan pada anak-anak sudah membentuk sel yang jumlah nya lebih dari normal.

d. Faktor hormonal
Pada perempuan yang sedang mengalami menopause dapat terjadi penurunan fungsi hormon thyroid. Kemampuan untuk menggunakan energi akan berkurang dengan menurunnya fungsi hormon ini. Hal tersebut terlihat dengan menurunnya metabolisme tubuh sehingga menyebabkan kegemukan.

e. Faktor kecepatan metabolisme basal yang rendah
Hal ini disebabkan energi yang dikonsumsi lebih lambat untuk dipecah menjadi glikogen sehingga akan lebih banyak lemak yang disimpan di dalam tubuh. Penderita obesitas yang mempunyai metabolisme basal yang rendah, apabila tidak melakukan olah raga dan diet yang benar mempunyai kecenderungan bertambah gemuk, karena semakin membesarnya otot akan menyebabkannya mudah lapar.

2. Beberapa Kiat untuk menghindari kegemukan

a. Jangan yang digoreng
Masaklah mi dalam air, jangan digoreng. Begitu juga dengan nasi. Sajikan nasi yang ditanak/dikukus, jangan yang digoreng. Memilih daging juga lebih baik yang dipanggang.

b. Kunyah perlahan
Kunyahlah makanan secara perlahan-lahan dan cobalah menikmati makanan sewaktu berada dalam mulut. Dengan demikian akan menyebabkan lambung cepat kenyang dan membantu mencegah makan terlalu banyak. Nasihat lama yang masih boleh diikuti, kunyahlah makanan setidaknya 32 kali sebelum menelannya.

c. Ambil sedikit

Ambillah makanan pertama sedikit mungkin ke dalam piring Anda. Tambah sedikit demi sedikit bila masih lapar.Cara ini dilakukan agar Anda tidak merasa terpaksa harus menghabiskan makanan yang sudah berada di piring.

d. Tinggalkan meja setelah selesai
Diimbau untuk segera meninggalkan meja makan setelah selesai dan jangan dilanjutkan dengan
mengobrol. Ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari iseng atau keinginan ngemil dan mengambil makanan dari sana-sini sehingga tak terasa perut menjadi terlalu kenyang.

e. Hindari kadar gula dan lemak tinggi
Hindari makanan berkadar gula dan lemak tinggi seperti cake cokelat, kue-kue (pastries), lemak hewan, mentega, fullcream milk, jeroan, dan lain-lain.

f. Konsumsi banyak buah
Mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan karbohidrat dapat menjaga jumlah kalori yang masuk agar sesuai dengan kebutuhan.

g. Waspadai minuman bersoda
Anak-anak yang mengonsumsi minuman ringan bergula berisiko tinggi mengalami kegemukan.
Laporan para peneliti Amerika yang diterbitkan oleh The British Medical Journal The Lancet, remaja AS perlu segera mengurangi minuman bersoda dan junk food yang berisiko mengganggu kesehatan. “Kami menemukan selalu ada minuman ringan di setiap hidangan tambahan, dan risiko kegemukan meningkat kira-kira 50 persen,” kata Ludwig.

h. Kurangi menonton televisi
“Kegemukan pada anak-anak diakibatkan oleh banyak faktor. Tidak ditekankan hanya pada satu faktor, yaitu minuman ringan dan masalah gizi, melainkan juga kebiasaan seperti menonton televisi,”ungkap Ludwig. Membanjirnya acara di televisi, termasuk film-film kartun dan telenovela, membuat anak-anak dan ibu rumah tangga semakin lama duduk di depan televisi sambil ngemil. Keadaan demikian mendorong tubuh kurang gerak dan mudah menjadi gemuk. Dari 4.771 wanita yang diteliti di Singapura, mereka yang menonton televisi tiga sampai empat jam sehari berpeluang dua kali lipat menjadi gemuk dibanding kelompok yang jarang menonton televisi.

3. Resiko bagi orang kegemukan
Penyakit-penyakit yang sering menyertai kegemukan antara lain yaitu penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes mellitus, kanker, penyakit batu empedu, stroke, osteoarthritis dan gout.
=================================================================================
Buat Papa, semoga dapat mengontrol berat badan
=================================================================================

23 Tanggapan

  1. kalau saya malah sedang ingin menggemukkan badan,, tapi ga sampai segitu gemuk sih…😀

  2. ditambahi lagi perbanyak ngeblog danBW

  3. kalau kurus yang ideal gimana ya

  4. Kalo nabi Muhammad mengajarkan puasa senin kamis dan berhentilah makan sebelum kenyang. Cukup?

  5. wah itu obesitas yang terlalu sangat
    heheh
    aku juga mau gemuk tapi gak segemuk itu

  6. makasi sahabat atas tips2 biar ga gemuknya😀
    btw, hav a great day🙂

  7. Hiii…ngeri ya kalo jadi gemuk seperti di foto itu…
    Btw, dapet aja foto kayak gitu..hehe
    Salam kenal..
    Mampir2 balik ya…
    Tq

  8. whaaa………….bunda dah menjalani semua saran2 seperti diatas, tapi tetap ndut hiks…….. hiks………. 😳
    salam

  9. WAH SAYA SAMPE MINUM OBAT KUYUS PAK TAPI KOK NDA KUYUS-KUYUS JUGA PAK ….

  10. WAH KALAU ORANG GENDUT DI PAKAIKAN BIKINI SEXY JUGA YAH …………

  11. Assalaamu’alaikum

    Apa khabar mas Yusami ? Info yang bagus dan saya senang membacanya. Saya sudah berjaya menguruskan badan dan sudah mencapai berat badan yang ideal dalam tempuh 2 tahun.

    Tips saya senang aja.. nggak makan nasi cuma mengambil oat, kismis, buahan, sayuran, roti gandum dan susu. Makanan itu mengenyangkan. kadar kolestrol turun dan sihat alhamdulillah.

    Salam mesra selalu dari saya di Sarawak, MALAYSIA

  12. walah, gambar perempuan2 gendut itu bener bikin kepala geleng2, mas yussa, hehe … saya ndak bisa membayangkan kalau harus berada di tengah2 mereka, haks. tulisannya mantab dan memperkaya wawasan keilmuan, mas.

  13. wuihhhhhhhhhhhhh.. bersyukur lah ndut lia msh dibatas normal…🙂 ….

    thanks mas infonya

  14. asal tidak kayak Michelin aja deh

  15. Wah baru ketahuan sekarang kenapa saya masih saja bertumbuh walau sudah lewat masa pertumbuhan.

    Saya terlalu cepat menelan makanan walau baru beberpa kali kunyah, terutama bila masakannya enak hehheehhe

    Pantesan ya🙂

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  16. busettt itu gambarnya gentong2 semua yah..
    hhmm bener yah.. kunyahnya pelan2 karena itu bikin cepat kenayang…

  17. buset dah itu perut🙂
    salam kenal

  18. gambar tu OVER KEGEMUKAN,tp menurut makan d bebas2 aja tp jgn lupa OLahraga….zLm knal ya:P

  19. Iya,inilah yg jadi masalah bagi saya sampe mengganggu pernapasan.
    Terimakasih
    tipsnya,mudah2an bisa membantu masalah kegemukan yg saya alami.
    Salam!

  20. tinggi saya 170 dengan berat badan 74 , termasuk kegemukan apa ideal ya😀

  21. wah, informasi yg bagus nih, biar gak jd gembrot

  22. blogwalking….
    wah klo q mah buat ndut susah bgegete xixixi….mam`e banyak mah te2p g ndut2 hehehe….udah pawakan kalii yah?🙂

    btw, lam kenal ea….gud luck tuk ngebloging ria-nya…

    salam sayank ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: