BERBAHASA INDONESIA DENGAN BAIK DAN BENAR

WARISAN UNTUK SANG ISTRI

Menyambut dan memeriahkan 2 Mei 2010, Busu tampilkan sebuah prosa dan kebanggaan berbahasa. Sebuah kritik bagi Bangsa Indonesia dalam berbahasa Indonesia.

Bagi Pak Sawali Tuhusetya, tidaklah sulit berbahasa Indonesia karena beliau adalah seorang Guru Bahasa dan Sastra Indonesia, dan aslinya memang ‘orang Indonesia’. Berbeda dengan “seorang oknum” di daerah saya yang mengaku Bangsa Indonesia, asli orang Indonesia namun belum mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Dengan alasan pengaruh dialek daerah, dalam melafalkan O adalah U demikian sebaliknya, dan melafalkan E adalah sebagai I. Hal ini terbawa dalam Bahasa Tulis,yaitu ketika di lafalkan U maka akan ditulis O, demikian sebaliknya. Terjadilah sebuah tragedi yang disebabkan oleh hal ini.

Seorang Ibu yang baru pindah dari Jawa Tengah mendaftarkan dua anaknya pada sebuah Sekolah Dasar dan diterima dengan ramah oleh seorang “oknum guru” di daerah saya ini.

Oknum Guru : ” Siapa nama anak Ibu ?”

Sang Ibu : ” Dodo dan Tenten, Pak “

Kemudian Oknum Guru mencatat nama kedua anak itu pada selembar kertas seperti ini : Dudu dan Tintin. Melihat hal itu, Sang Ibu protes, ” Bukan Dudu dan Tintin Pak, tetapi Dodo dan Tenten, Tenten Masduki “

“Ini sudah saya tulis seperti apa yang Ibu katakan,” kata Oknum Guru itu.

“Waduh, O malah jadi U dan E jadi I, apa sebaliknya juga begitu ya ?” bathin Sang Ibu.

“Kalau benar demikian, beruntunglah aku tidak memberi nama anakku Mimiek,” bathin Sang Ibu lagi.

Kisah ini hanyalah rekayasa belaka, terinspirasi dari cerita Bejo ,dan cerita ini adalah sebuah cerita yang tidak memenuhi syarat untuk diikutkan pada EVENT-nya Pak De. Setting kejadian di BARTIM, betul kah …?

19 Tanggapan

  1. maaf, mengamankan pertamax dulu ,,

    ys:> di persilakan

  2. Kalau ada binatang Kuntul ditulis apa pak?

  3. cerita yang ditulis bisa jadi rekayasa, tapi kejadian semacam itu memang benar-benar terjadi, anak saya yang sekolah di SD sering cerita kalau gurunya salah nulis, seperti
    bermain bula
    bermain rubut

    ys:> waduh Pak….maaf kalau memang benar-benar ada oknum seperti itu, untunglah saya tidak sebutkan nama kalau iya….apa kata duniaaaaaa

  4. klw setau saya seh beda daerah memang beda logat dalam pengucapannya… apa memang perlu disamakan juga ya pengucapannya ?

    ys:> maaf Mas…penekanannya adalah pada bahasa tulis, nggak nyambung kan kalau saya tulis nama Mas adalah FerdausFaresqe

  5. hehehe…. aya2 wae nih idenya, bikin……? hehehee.

  6. hehehhehh.. tawa agi ah hiihiiihihih
    ada ada aja nieh.. asli lucu
    ditunggu kunjungan baliknya om

  7. waduh tuh khan abis baca nieh cerita jadi salah masukin link… klo bisa tolng d hapus mas komen yang pertama.. plissss!!! takut di marahin yang punyay 😀..

  8. kalau saya sampai sekarang masih sulit berbahasa Indonesia dengan baik dan benar pak …

  9. aku tadi baru manuntun tipi….. benar atau tidak pak yah ??

  10. wadduh,,

    keceplosan,
    gara2 ngebaca keras2 nih,,

    hahaha..
    komen perdana…

  11. wakakakkak…..
    jadi ingat pidato Alm presiden kedua yg selalu berakhiran en dsaat pegucapannya…
    ^_^

    selamat ikutan kontes mas yus…🙂

  12. hehehe …. kisah rekaan, tapi bisa jadi realitas, mas yussa, hihihihi … kalau dalam bahasa indonesia sesungguhnya antara ejaan (tulisan) dan lafat (ucapan) mesti sama, biar ndak menimbulkan salah tafsir.
    ys:> Alhamdulillah, komen Master Bahasa Indonesia Kita memperkuat pendapat ‘rekaan saya’, terima kasih Pak, salam hangat dan sukses selalu.

  13. menarik, ada-ada saja..😀

  14. mhn maaf baru sempat kunjung, koneksi Lg Lemot. ditunggu tuLisan terbarunya.
    tetap semangat yah, om.

  15. kek saya aja..kadang dialek daerah masih ada…🙂

  16. Hahaha… berbahasa dan menggunakan bahasa indonesia dengan baik itu emang sebenernya sulit.😀
    Nama saya juga dulu semasa SMP salah tulis. Menyebalkannya, salahnya itu kebangetan. Nama saya “Febriasyraf”, kok jadinya di absensi kelas “Febriasaraf”. Sial…😆 Untung waktu mau penulisan ijazah kelulusan, saya melapor dan ditanggapi dengan baik.😀

  17. salam buat m*m*k, maap salah ketik

  18. Terkadang ada yang masih ada pengaruh dengan bahasa daerahnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: