AKIBAT BURUK PIALA DUNIA 2010

Sel darah merah (gambar di ambil dari wikipedia)

Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan bukan tidak memberberikan dampak buruk bagi kesehatan, khususnya bagi para penggila bola yang kurang memperhatikan kesehatannya. Jadwal pertandingan pada jam 21.00 WIB dan 01.30 WIB membuat tidak sedikit penggila bola harus bergadang. Karena hal inilah, ketika penggila bola kurang memperhatikan kesehatannya, bergadang setiap malam tanpa dibarengi dengan asupan yang sesuai khususnya suplemen yang baik, bukan mustahil akan terserang anemia.

Menurut wikipedia : Anemia (dalam bahasa Yunani: Tanpa darah) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Dalam bahasa kita sehari-hari, anemia sering diartikan sebagai kurang darah.  Menurut Dokter pada Blog Dokter, menyatakan bahwa Anemia adalah turunnya kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah pigmen yang membuat sel darah berwarna merah yang pada akhirnya akan membuat darah manusia berwarna merah. Menurut fungsinya, hemoglobin merupakan media transport oksigen dari paru paru ke jaringan tubuh. Seperti kita ketahui bersama, oksigen merupakan bagian terpenting dari metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Hemoglobin juga berfungsi membawa karbondioksida hasil metabolisme dari jaringan tubuh ke paru paru untuk selanjutnya dikeluarkan saat bernafas.

Apa Penyebab Anemia ?
1. Anemia kekurangan zat besi:
Anemia ini yang sangat sering ditemui. Tubuh memerlukan zat besi untuk memproduksi Hb. Sumber-sumber zat besi pada makanan ada 2 bentuk, yang Heme dan yang non-Heme.
Yang Heme mudah sekali diserap seperti daging sapi, hati, telur, daging ayam dan daging merah. Sedangkan yang non-Heme terdapat pada sayuran-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, buncis dimana zat besi tersebut tidak dapat langsung diserap oleh tubuh dan harus diubah dulu oleh usus agar mudah diserap.

2. Anemia Megaloblastik (Kekurangan Vitamin)
Anemia ini terjadi jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B-12. Tubuh mempunyai sel darah merah yang tidak mengangkut oksigen dengan baik.

3. Akibat komplikasi
Beberapa penyakit bisa mengganggu produksi sel darah merah. Misalnya, penderita penyakit ginjal yang melakukan dialisis (membuang zat sisa dengan bantuan melakukannya). Ginjal mereka tidak mampu memproduksi cukup hormon untuk membuat sel darah merah, dan zat besi banyak terbuang dalam proses dialisis.

4. Penyakit darah turunan
Salah satu jenis penyakit turunan yang membuat anemia adalah kelainan bentuk sel darah merah (sickle cell anemia). Tubuh akan menghancurkan sel darah merah yang tidak normal ini namun tidak cukup cepat memproduksi sel baru sehingga anemia muncul. Thalasemia merupakan penyakit darah yang diturunkan yang akan mempengaruhi kemampuan tubuh memproduksi sel darah merah.

5. Anemia Aplastis

Ini penyakit yang jarang terjadi dimana sumsum tulang belakang tidak memproduksi sel darah merah yang cukup. Ini juga akan mempengaruhi jumlah sel darah putih sehingga akan rentan terhadap infeksi dan perdarahan yang tidak bisa dihentikan.

Gejala yang umum penderita anemia , kelihatan pucat pada bibir atau ujung jari tangan. Gejala lainnya adalah cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi lama, dan bahkan mudah lupa.

Untuk memastikan anemia yaitu dengan melalui diagnosis melakukan tes darah. Normalnya nilai Hb pada anak-anak 11-12 g/dl dan pada saat dewasa menjadi 13-14 g/dl.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, karenanya cegah anemia dengan mencegah kekurangan zat besi, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang mencukupi. Sementara itu, mengatasi anemia yang penting adalah mencari dulu penyebabnya.
Bila penyebabnya telah diobati, penyakit anemia akan sembuh dengan sendirinya. Selain zat besi, konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B-12. Perhatikan asupan kalsium, kopi dan teh yang berlebihan. Zat-zat ini menghalangi penyerapan zat besi.

=================================================================================

Sebagian isi di ambil dari : f-buzz.com

29 Tanggapan

  1. Ohhh, jadi ilmu kebal saya hilang gara-gara kebanyakan minum kopi dan teh to?!!😀
    ==================================================================================
    ys: kayaknya gt….mumpung masih ada waktu, batasi sampe limit toleransi….wkwkwkwk

  2. Weh, ternyata banyak bener ya efek negatif piala dunia
    Untung saja saya belum jadi penggila bola
    ===================================================================================
    ys: ini baru disinyalir saja Pak….

  3. Untung bukan penggila bola. Suami saya kudu baca postingan inih. Tenkyu bro
    ys: terima kasih Mbak udah mampir, salam hangat dan sukses selalu

  4. Assalaamu’alaikum

    Terima kasih Mas Yusami atas info kesihatan yang menarik dalam paparan posting kali ini. Sangat banyak manfaatnya.

    Walau saya bukan penggemar bola PD dan tidak tidur lewat kerana PD tetapi saya selalu lewat tidur/ berjaga/bergadang, lantaran banyak tugas pengajaran yang harus disediakan.

    Saya akui mengalami kekurangan tidur hasil kerja tersebut. membaca info ini membuat saya harus mempertimbangkan kembali masa berharga untuk tidur cukup.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.
    =================================================================================
    ys: Wa ‘alaikum salam Wr. Wb.
    Bunda kurang tidur karena sedang menyelesaikan studi, sangatlah bermanfaat tentunya. Semoga Bunda dapat kemudahan dalam penyelesaian studynya.Amin…..

  5. bagus artikelnya. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. javasera@gmail.com
    ys: terima kasih telah mampir, ditunggu kunjungan selanjutnya

  6. mungkin karna kurang tidur bos jadi gejalaY mirip anemia
    sok tau yA?

    sekalian ngucpin salam kenal ya bos

  7. bukan hanya ketika piala dunia aja mas, itulah bahaya begadang, apalagi blogger tengah malam
    ys: betul tuh Mas, karenanya kalo lg ngeblog sampe begadang imbangi dengan susu jg, jangan cuma kopi. He..he…Terima kasih atas kunjungannya.

  8. Untung saya nonton jam tayang yang jam 9 malam aja pak .. jadi terhindar dari semua itu heeee ….
    ys: berarti Pak Bayu akan ketinggalan partai yang bagus-bagus di semifinal dan final PD 2010

  9. kalau ada yang kena anemia bawa tempat saya aja pak .. nati saya sembuhin .. maklum ada punya batu aki … seperti Ponary juga bisa menyembuhkan penyakit .. heee (becanda pak).
    ys: ide bagus tuh, udah di posting belum…..? wkwkwkwk

  10. tapi kalau sdh nyandu mampu mengalahkan penyakit apa pun, pas yussa, hehe …. alhamdulillah hingga sekarang saya tetep bisa nonton bola. sayangnya, saya ndak berbakat jadi ahli terawangan. ramalan saya babar blas ndak ada yang bener, hiks, hiks, hiks.

    ys: yang penting jangan lupa kopi susunya Pak…..

  11. untung bunda bukan termasuk penggila bola, jadi ya aman2saja dong🙂
    salam

  12. yang jelas banyak orang ikut-ikutan Gila atau terGila-Gila… jaman Edan, yang ga Edan malah dianggap Edan😆

  13. saya tidak termasuk penggila bola, saatnya tidur ya tetap tidur, yang main bola biarklan main bola

  14. Tsamina mina eh, eh
    Waka waka eh, eh
    Tsamina mina zangalewa
    This time for Africa

    salam kenal ya…

  15. karena kurang tidur y..???

    ys: benar Pak, kurang tidur di malam hari tentunya……..

  16. wah kema nih pak kok lama nggak Posting …
    saya jadi kangen nih pak …

    ys: maaf Pak Bayu, kebetulan kami ada kesibukan offline nih

  17. Ya kalo saya malas bangun aja

    ys: kalo mau nonton berarti tidak tidur sampai pagi Kang..?

  18. Menurut saya kembali kepada masing-masing pribadi, bagaimana dia menjaga kesehatan selama begadang nonton piala dunia😀

    YS: itu intinya Pak.

  19. lho, kok bahasannya jadi lebih banyak soal Anemia? Pasti masih ada dampak negatif Piala Dunia lainnya😀

  20. wah banyak betul pak efeknya, tapi untungnya saya nggak pernah nonton piala dunia pak, cuma ngeliat diberita aja,,,heeeeee

  21. Aq jarang banget nonton

  22. wah saya gak nonton paila dunia tapi kena salah satu gejala di atas heheheehe

  23. salam kenal …makasih bacaannya,,,tukeran info blog yuk

  24. saya sering tertidur kalau pertandingan sudah mulai

  25. Bisa berakibat jantungan pula lho piala dunia itu….(kalau jagonya kalah)

  26. Salam jumpa lagi, Pak Guru.
    Terimakasih infonya.
    Stop begadang! hehehe

  27. aku bukan penggila bola,tapi harus tetep sering begadang,karena memang kerja masuk malem…….

    jadi sama aja ya??

  28. Wah, untung saja saya bukan penggila bola… Saya nonton piala dunia cuma pas finalnya aja hehehe…
    ys: sebenarnya anemia bisa saja menyerang apabila kita kurang memperhatikan kesehatan ataupun kurang istirahat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: