SILLATURRAHMI PANJANGKAN UMUR

Ada sebuah riwayat, pada zaman dahulu pada Kaum Bani Israil terdapat dua orang Raja yang bersaudara masing-masing berkuasa di wilayahnya sendiri. Raja yang pertama sangat baik kepada sanak kerabatnya dan berbuat adl terhadap rakyatnya sehingga sangatlah dicintai rakyatnya. Raja yang kedua sangatlah bertolak belakang sifatnya, durhaka kepada kerabatnya dan berlaku zalim kepada rakyatnya sehingga sangatlah dibenci.

Pada masa itu hidup pula seorang Nabi yang memperoleh wahyu dari Allah yang menyatakan bahwa umur raja yang adil itu tinggal 3 tahun sedangkan raja yang durhaka itu umurnya masih panjang, tinggal 30 tahun.

Kemudian Nabi itu memberitahukan kepada seluruh rakyat dari kedua raja tersebut sehingga kabar itupun menyebar dan menimbulkan kepanikan dan kegelisahan rakyat terutama rakyat dari raja yang adil tersebut.

Dalam kegelisahan dan kepanikan itu akhirnya mereka pisahkan anak dan ibunya dan mereka tidak makan dan minum. Mereka semua berkumpul di lapangan seraya berdo’a memohon kepada Allah SWT agar raja yang baik itu diberikan umur yang panjang agar mereka terus sejahtera dan memohon agar raja yang zalim itu berumur pendek agar mereka terlepas dari penderitaan.

Berkat keikhlasan rakyat, akhirnya Allah kabulkan permohonan mereka dengan memberikan sisa umur raja yang adil itu kepada raja yang zalim, begitupula sebaliknya. Dan benarlah adanya, raja yang zalim itupun tak lama kemudian meninggal dunia sedangkan raja yang baik itu terus memerintah hingga 30 tahun berikutnya.

(Cerita diambil dari buku karangan Ust. Labib Mz yang berjudul : ANTARA BERBAKTI DAN DURHAKA KEPADA ORANG TUA yang diterbitkan Putra Jaya Surabaya).

Cerita ini saya tampilkan untuk dapat bersillaturrahmi kepada para blogger sekalian setelah saya vakum pasca Idul Fitri. Juga dikarenakan kedatangan Pak Sastro ke kediamanku malam ini bersillaturrahmi. Ya, Pak Sastro Sang Sesepuh Komunitas Jurnalis Anak Ampah yang  juga telah memprakarsai tampilnya Forum Borneo, sehingga saya sangat tersanjung dan berharap umur panjang juga dari sillaturrahmi ini, Amin.

16 Tanggapan

  1. wah, kang sastro ternyata suka bersilaturahmi juga. beruntunglah umat-Nya yang suka bersilaturahmi. selamat idul fitri, ya, mas yusa, minal aidin walfaizin, mohon maaf atas semua kesalahan dan kekhilafan saya selama ini. salam idul fitri buat sahabat2 jurnalis ampah dan blogger borneo.
    ==================================================
    ys :minal aidin wal faidzin juga Pak, maafkan kami lahir bathin dan terima kasih sudah berkenan mampir.

  2. alhamdulillah, masih bisa silaturahmi, dan semoga masih tetap terjalin terus
    hehehe malu saya

  3. Saya juga bersilatuhami kesini biar panjang umur dan menambah makna Hidup, salam hangat dari Jembrana Bali

  4. wah bener-bener ya….apapun bentuknya, kalau memang orang udah tidak suka pasti di do’akan yang tidak-tidak…seperti raja zalim itu…….

    salam kenal…n…salam persahabatan…

  5. Yang pasti jangan putuskan tali kekerabatan kita!😡

  6. Saya silaturrahmi lewat blog Pak…
    Semoga bisa menjembatani sebelum bisa silaturrahmi beneran…

    Weh…
    Pak Sawali , Bli Budi dan Pak Budi sudah datang duluan…
    (Pak Sawali itu tetangga saya Pak…)

  7. Mungkin sebaiknya rakyat dinegeri itu diajarkan cara berdoa yang baik yaitu mendoakan pimpinannya yang dzolim agar dibukakan jalan kebenaran. Masak mendoakan pimpinannya supaya lekas mati!?😦 Jangan ditiru ahh!😀

  8. silaturrahmi iki uga rukun tangga sing nomer 2, yen cangik karo limbuk sing ngomong

  9. […] seminggunya. Dalam hati Bejo bersyukur karena tidak malu pada kawan-kawan dia Pak Sastro, Pak Bayu, Pak Yusman, Ki Dalang Wowos, Altin yang punya toko komputer, Amin yang ahli servis HP dan banyak temannya yang […]

  10. Semoga panjang umur, dan umurnya berkah ya pak

  11. wah, ternyata ada kisahnya juga yh. jadi ngerti mengapa umur panjang karena silaturahmi.

  12. Biar panjang umur, Pak saya pun bersilaturahmi sembari mengucapkan selamat Idulfitri.
    Moga kita semua pun diberikan umur yg panjang.

  13. Saya juga ingin umur yang berkah,,
    ikut bersilaturrahim ya Pak..

  14. That’s wonderful, just keep it up.。。

  15. Kalau begitu, marilah kita mempererat tali silaturahmi…
    =============================
    ys: mari…..semoga selalu dalam lindungan-Nya, Amin…

  16. […] seminggunya. Dalam hati Bejo bersyukur karena tidak malu pada kawan-kawan dia Pak Sastro, Pak Bayu, Pak Yusman, Ki Dalang Wowos, Altin yang punya toko komputer, Amin yang ahli servis HP dan banyak temannya yang […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: